Tips Ramadhan

TIPS-01 TARGET AMAL BULAN PUASA
1. Khatam Al- Qur’an minimal 1x
2. Membaca tafsir/terjemah Al Qur’an minimal 1/3 Al qur’an
3. Shalat lima waktu dengan berjama’ah
4. Shalat sunnah rawatib, minimal yang muakkad
5. Memberi buka orang yang puasa, minimal 1x
6. Berinfaq setiap hari (seadanya)
7. Evaluasi amal setiap hari
8. Membaca buku Islam, minimal 1 buku

TIPS-02 MANAJEMEN WAKTU DI BULAN RAMADHAN
1. Sebelum sahur, shalat tahajud minimal 2 rakaat, kalau sudah witir waktu tarawih tidak perlu diulang. Kalau belum ditambah witir.
2. Sesudah sahur menjelang Subuh, tilawah Qur’an 10 menit
3. Setelah shalat Subuh, tilawah Qur’an 30 menit
4. Sesudah shalat Dzuhur. Tilawah Qur’an/baca tafsir dan terjemahan 30 menit.
5. Sesudah shalat Ashar. Tilawah Qur’an 15 menit
6. Menjelang Maghrib baca buku Islam 30 menit
7. Sesudah tarawih, tilawah Qur’an 10 menit
8. Sesudah tarawih & istirahat sejenak dirumah, tilawah Qur’an 30 menit.
9. Menjelang tidur, merenungi perjalanan diri dari sahur hingga saat ini 10 menit. TIPS-03 AGAR PUASA BERBUAH PAHALA 1. Menjaga mata, hindarkan diri dari hal-hal yang dapat menyebabkan hati menjaadi bimbang dan lalai mengingat Allah.”Pandangan mata adalah panah racun dari panah iblis. Maka barang siapa yang meninggalkannya karena takut kepada Allah niscaya Allah akan memberinya iman dan mendapatkan manisnya iman dalam hatinya.”
2. Menjaga lisan dari perkataan yang sia-sia, berdusta,ghibah, mencari-cari kesalahan orang lain, berkata keji dan sejenisnya.” Bukanlah puasa itu dari makan dan minum saja, tetapi juga dari perkataan kotor dan caci maki”.
3. Mencegah pandangan dari hal-hal yang makhruh dan hal-hal yang haram diucapkan.” Orang yang mengumpat ( berghibah ) dan orang yang mendengarkannya adalah sama-sama berdosa”.
4. Mencegah semua anggota badan lainnya dari perbuatan dosa.”Betapa banyak orang yang berpuasa tapi tidak ada hasil yang diperoleh, kecuali lapar dan haus.”
5. Tidak memperbanyak makanan sewaktu berbuka, begitu juga sewaktu sahur.”Tidak ada karung yang lebih dibenci Allah daripada perut yang kekenyangandengan makanan yang halal.”
6. Sesudah berbuka hatinya berguncang antara harap dan cemas karena dia tidak tahu apakah puasanya diterima atau ditolak.”Sesungguhn ya puasa adalah amanat, maka hendaklah kamu menjaga amanat itu.”

0 comments:

Post a Comment